A. Motor Induksi 1 fasa
Konstruksi motor induksi satu fasa
terdiri atas dua komponen yaitu stator dan rotor. Stator adalah bagian dari
motor yang tidak bergerak dan rotor adalah bagian yang bergerak yang bertumpu
pada bantalan poros terhadap stator. Motor induksi terdiri atas
kumparan-kumparan stator dan rotor yang
berfungsi membangkitkan gaya gerak listrik
akibat dari adanya arus listrik bolak-balik
satu fasa yang melewati kumparan-kumparan
tersebut sehingga terjadi suatu interaksi induksi medan magnet antara
stator dan rotor. Bentuk dan konstruksi
motor tersebut digambarkan pada gambar 1.
B. Rangkaian Ekivalen Motor Induksi 1 Fasa
Motor induksi satu fasa terdiri
kumparan stator dan kumparan rotor. Kumparan stator dan rotor masing-masing
terdiri dari parameter resistansi “R’, reaktansi “jX”dan lilitan penguat
“N”. rangkaian ekivalen dari motor induski
satu fasa dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Nilai arus suber bolak-balik satu fasa dapat dirumuskan
sebagai berikut : I1 = IØ + I2’
Besarnya arus pemaknitan IØ yang timbul akibat adanya
induksi yang terjadi antara medan stator dan rotor adalah :
IØ = Ir + Im
Ggl yang dihasilkan akibat interaksi induksi medan
magnet antara stator dan rotor yang masing-masing sebesar E1 dan E2 adalah :
Impedansi pada kumparan motor stator dan rotor masing-masing
adalah :
jXs = jws Ls
jXr = jwr Lr
C. Prinsip Kerja Motor Induksi 1 Fasa
Apabila
kumparan-kumparan motor induksi satu fasa
dialiri arus bolak-balik satu fasa, maka pada celah udara
akan dibangkitkan medan yang berputar dengan kecepatan putaran sebesar
dengan menggunakan rumus :
Medan magnet berputar
bergerak memotong lilitan rotor sehingga menginduksikan
tegangan listrik pada kumparan-kumparan tersebut.
Biasannya lilitan rotor berada dalam hubung
singkat. Akibatnya lilitan rotor akan
mengalir arus listrik yang besarnya tergantung
pada besarnya tegangan induksi dan
impedansi rotor. Arus listrik yang mengalir pada rotor
akan mengakibatkan medan magnet rotor dengan kecapatan sama
dengan kecepatan medan putar stator (ns).
Interaksi
medan stator dan rotor akan membangkitkan torsi
yang menggerakan rotor berputar searah dengan
arah medan putar stator. Interaksi medan stator dan rotor juga menyebabkan
terjasinya gaya gerak listrik induksi yang disebabkan oleh kumparan-kumparan
stator dan rotor. Rumusan matematis gaya gerak
listrik yang terjadi pada motor induksi satu fasa
dengan rumusan sebagai berikut :
Dimana nilai Φ(t) untuk fluksi
maksimum akibat dari penyebaran kerapatan fluks
yang melewati lilitan dengan rumus :
Adanya perbedaan medan putar stator
dan medan putar rotor atau yang disebut
slip pada motor induksi satu fasa pada rumus sebagai berikut :
Berubah-ubahnya kecepatan
motor induksi (ns) akan mengakinbatkan harga slip dari 100%
pada start hingga 0% pada saat motor
diam (nr – ns). torsi yang dihasilkan selama motor
iinduksi satu fasa berputar tergantung pada perubahan slip dan perubahan dalam
Newton.meter. Perubahan pembebanan dapat terjadi dengan naiknya nilai
tegangan dan arus pada rotor. Hubungan torsi (Td) terhadap parameter impedansi
stator, impedansi rotor, arus rotor, tegangan sumber dan kecepatan sudut
secara umum dapat dirumuskan sebagai berikut :
Cara membalik putaran motor capasitor 1 phasa (permanent capacitor motor)
Motor capasitor merupakan motor listrik AC satu fasa. Motor
capasitor ini biasa kita jumpai pada pompa air, kompresor AC, mesin cuci, dan
lain sebagainya. Konstruksi pada motor capasitor ini sangat sederhana dan
berdaya kecil dengan tegangan 220VAC. Stator motor capasitor ini hanya terdiri
dari 2 kumparan/lilitan. Satu kumparan utama dan satu kumparan bantu. Motor ini
memiliki capasitor yang dihubungkan secara seri dengan belitan bantu dan
pararel dengan belitan utama. Fungsi dari kapasitor itu sendiri adalah untuk
memperbesar kopel atau torsi start awal , mengurangi arus start awal motor,
serta mempertajam pergeseran beda fasa antara belitan utama dan belitan bantu
hingga mendekati 90⁰. Untuk membalik atau merubah putaran motor ini sangat
mudah, yaitu hanya dengan membalik polaritas kumparan utama atau kumparan bantu.
untuk lebih jelasnya, lihat pada gambar dibawah berikut ini :
Penting untuk diingat, bahwa ketika anda ingin mengubah atau
membalik arah putaran motor dengan membalik polaritas tegangan, maka itu sama
saja dengan anda membalik kedua polaritas gulungan utama dan gulungan bantu.
Dan hasilnya arah putaran motor akan tetap sama atau tidak berubah.
Cara
membalik putaran motor induksi 3 fasa (forward reverse)
Motor induksi 3 fasa
adalah motor yang paling populer atau paling banyak digunakan dalam penggerak
mesin-mesin di industri. Seperti penggerak pada pompa, conveyor, kompresor,
blower, dan lain-lain. Hal itu mungkin dikarenakan motor induksi ini mempunyai
beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh motor-motor jenis yang lain,
seperti ; kontruksinya yang sederhana, tahan lama, perawatannya mudah, dan
punya efisiensi yang tinggi. Namun artikel kali ini tidak membahas tentang
motor induksi secara keseluruhan. Artikel kali ini hanya akan membahas sedikit tentang
bagaimana cara membalik putaran motor induksi 3 fasa.
Untuk membalik arah
putaran motor induksi 3 fasa adalah dengan membalik salah satu polaritas
tegangan yang masuk ke motor. coba perhatikan gambar dibawah ini.