Salah satu aktivitas paling rutin yang dilakukan oleh seorang Reseller adalah membuat kalimat promosi atau penawaran. Aktivitas ini menjadi sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai jika Anda ingin menjadi Reseller yang Jago Jualan. Nantinya kalimat iklan penawaran ini bisa Anda sebar melalui berbagai media seperti BBM, Whatsapp, Facebook, dan lain sebagainya.
Kalimat penawaran yang baik tersusun dari beberapa bagian, berikut bagian-bagiannya:
1. Judul promo.
2. Latar belakang penawaran (storytelling).
3. Penjelasan singkat produk.
4. Alasan.
5. Call to action.
6. N.B.
Saya jelaskan satu per satu.
1. Judul promo sudah saya share ya diatas
2. Latar belakang penawaran (storytelling)
Pada bagian ini Anda perlu menginformasikan tentang latar belakang mengapa penawaran ini ada. Latar belakang mengapa produk ini bermanfaat untuk calon pembeli. Latar belakang ini bisa berbentuk seperti cerita singkat sebagai jembatan penghubung menuju informasi produk
Penerapan:
Anda bisa menginformasikan tentang masalah yang biasanya dihadapi calon prospek kemudian masalah ini menjadi titik di mana produk Anda bisa menjadi solusi atas masalah yang Anda.
Contoh:
Jika saya membuat penawaran untuk produk Webpraktis
Maka latar belakangnya adalah sebagai berikut:
*Tahukah Anda, era sekarang ini adalah era Internet, di mana orang begitu mudahnya berbelanja melalui online. Kondisi ini yang membuat banyak pelaku bisnis juga memulai bisnis toko online. Namun yang menjadi permasalahannya adalah banyak pebisnis yang tidak begitu paham membuat website atau toko online. Oleh karena itu Webpraktis ingin menjadi sebuah solusi untuk pebisnis sebagai penyedia web instan dengan cara yang sangat mudah yang orang gaptek pun bisa membuat web.*
Perhatikan kalimat latar belakang yang saya buat. Kalimat tersebut adalah sebuah pengantar yang nantinya akan masuk ke info produk lebih detail.
3. Penjelasan singkat produk
Pada bagian ini Anda perlu menginformasikan sekilas tentang produk Anda yang bertujuan untuk menginformasikan agar calon prospek Anda tahu informasi produk Anda.
Anda juga bisa menginformasikan kelebihan produk Anda untuk meyakinkan calon pembeli bahwa produk Anda memang lebih baik dibanding pesaing.
4. Alasan
Salah satu hal yang membuat sebuah iklan penawaran gagal adalah ketika kita lupa menjelaskan mengapa orang-orang harus membeli produk kita sehingga mereka tidak yakin dan tidak tertarik untuk membeli.
Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda yakinkan:
* Mengapa pembeli harus membeli ke Anda.
* Mengapa harus membeli sekarang.
* Mengapa mereka harus percaya kepada Anda.
* Mengapa mereka harus ikut penawaran Anda.
5. Call to action
Call to action adalah teknik untuk mendorong calon pembeli untuk segera melakukan pembelian. Teknik ini penting untuk mempercepat closing dari calon prospek Anda.
Berikut ini beberapa contoh Call to Action yang bisa Anda gunakan:
* SMS segera sebelum habis!
* Kontak sekarang juga!
* Segera daftar!
* Klik disini!
6. N.B.
N.B. adalah singkatan dari nota bene. Biasanya N.B. ini sering berada di kalimat akhir sebuah surel (email). Maksud kegunaan dari N.B. ini adalah Anda ingin menegaskan sesuatu atau mengingatkan kembali.
Khusus untuk kalimat penawaran, teknik ini bertujuan untuk mengingatkan kembali ke calon prospek untuk segera melakukan pembelian, mengingatkan kembali untuk segera mengambil keputusan untuk action.
Penerapan:
Anda bisa menerapkan teknik ini dengan cara menginformasikan beberapa hal:
* Informasikan program penawaran Anda terbatas.
* Informasikan program yang Anda tawarkan akan segera naik harganya.
* Informasikan bahwa produk Anda sudah dibeli oleh seberapa banyak orang.