Sistem Navigasi Pada AutoCAD

Sistem Navigasi Pada AutoCAD-Sistem navigasi pada AutoCAD memang merupakan salah satu yang paling penting diketahui fungsinya. Sebelumnya saya pun telah menjelaskan kontrol navigasi pada mouse dan keyboard untuk beragam kegunaan. Kali ini pembahasan lebih fokus pada sistem navigasi yang berada di layar kerja AutoCAD.

– Mengganti View dan Visual Style
Pada pojok kiri atas layar AutoCAD, anda akan menemukan sistem navigasi untuk merubah tampilan view dan visual style dari objek. Biasanya kedua feature tersebut akan sering sekali digunakan pada objek 3 dimensi.

Untuk versi terdahulu, navigasi view dan visual style belum terdapat pada layar kerja AutoCAD, sehingga anda perlu menggunakan perintah ataupun shortcut pada toolbar.

– Steering Wheels
Untuk menggunakan steering wheels, klik kanan pada mouse dan pilih Steering Wheels.

Kemudian secara otomatis cursor mouse anda akan berubah menjadi Steering Wheels.


Ada beberapa options perintah AutoCAD yang dapat anda gunakan untuk melihat objek dengan lebih baik, mulai dari Orbit (memutar objek), Pan (menggeser objek), Zoom (memperbesar dan mengecilkan tampilan gambar kerja), dan masih banyak lagi.

Mode steering wheels ini akan sangat berguna sekali digunakan ketika anda telah menyelesaikan desain gambar 3D dan kemudian ingin melihat hasilnya dengan lebih teliti lagi. Kalau dalam proses pengerjaan objek, fitur ini tidak akan banyak bermanfaat untuk digunakan. Untuk versi AutoCAD yang terdahulu, navigasi steering wheels belum dihadirkan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »