Rangkuman Transformator

~ Mesin listrik dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu mesin listrik statis dan mesin lsitrik dinamis. Mesin listrik statis adalah transformator, mesin listrik dinamis terdiri atas motor listrik dan generator.
~ Transformator :
a). memindahkan daya listrik dari satu sisi ke sisi lainnya.
b). tidak ada perubahan frekuensi
c). bekerja berdasarkan induksi elektromagnetis
d). dua rangkaian terjadi mutual induksi saling mempengaruhi

~ Transformator ideal adalah trafo yang rugi-ruginya nol, artinya daya pada belitan  primer sama dengan daya dibelitan sekunder.
~ Perbandingan tegangan primer dan sekunder disebut perbandingan transformasi. Perbandingan transformasi (Ȩ) juga berlaku pada perbandingan belitan primer dan sekunder.
~ Tegangan sekunder yang dihasilkan berbeda sudut phasa tegangan primer dengan sekunder sebesar 180°
~ Inti trafo dibuat dari bahan ferro magnetis berupa plat-plat tipis yangditumpuk menjadi satu sehingga membentuk inti dengan ketebalan tertentu.
~ Ada beberapa jenis inti trafo, diantaranya, bentuk EI, bentuk  L, bentuk M,bentuk UI.
~ Spesifikasi teknik sebuah transformator dicantumkan dalam  nameplate mencakup data pabrik pembuat, daya trafo, tegangan primer, teganga nsekunder, arus primer, arus sekunder, frekuensi dan impendansi trafo.
~ Ada dua jenis kerugian dalam transformator, yaitu  rugi inti dan  rugi tembaga.
~ Untuk mengukur rugi inti dilakukan dengan pengujian trafo tanpa beban dan untuk mengukur rugi tembaga dilakukan dengan pengujian trafo hubung singkat.
~ Efisiensi trafo dinyatakan dalam angka prosentase, merupakan perbandingan antara daya output dengan daya input trafo.
~ Autotransformator termasuk trafo yang dibuat dengan rancangan berbeda,karena belitan primer dan belitan sekunder menggunakan satu belitan.
~ Trafo pengukuran ada dua jenis, yaitu trafo pengukuran tegangan (Potensial Transformer) dan trafo pengukuran arus (Current Transformer).
~ Trafo pengukuran tegangan (Potensial Transformer) menurunkan dari tegangan menengah atau tegangan tinggi menjadi tegangan pengukuran, misalnya 20KV/100V.
~ Trafo pengukuran arus (Current Transformer) menurunkan dari arus yang besar menjadi arus pengukuran, misalnya 400A/5A.
~ Transformator 3 phasa digunakan untuk sistem listrik berdaya besar, baik pada sistem pembangkitan, transmisi maupun distribusi.
~ Trafo 3 phasa memiliki enam belitan. Tiga belitan primer dan tiga belitan sekunder.
~ Ada dua metoda hubungan belitan primer dan belitan sekunder, yaitu hubungan Delta (segitiga), belitan sekunder Y (bintang).
~ Hubungan transformator 3 phasa antara tegangan primer dan tegangan sekunder perbedaan phasa dapat diatur dengan metoda aturan hubungan jam belitan trafo, contoh : Hubungan Dy5.
~ Belitan trafo 3 phasa Dy5, menunjukkan belitan primer dalam hubungan Delta (segitiga), belitan sekunder Y (bintang), beda phasa antara tegangan primer- sekunder  5 x 30° = 150°
~ Disamping hubungan bintang dan segitiga dikenal juga hubungan segitiga terbuka (open delta- VV conection) dan hubungan Zig-zag.
~ Untuk mendinginkan trafo dipakai minyak trafo yang berfungsi sebagai isolasi antara belitan primer dan sekunder.
~ Paralel dua transformator dilakukan dengan cara menyambungkan secara paralel dua transformator. Syarat paralel: tegangan harus sama, daya trafo mendekati sama, impedansi trafo sama.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »